logo blog
Selamat Datang Di Blogger Blog 67
Terima kasih atas kesediaan anda berkunjung di Blogger Blog 67 ini,
Semoga apa yang saya share dan tulis di sini dapat bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang dapat berguna bagi masyarakat, khususnya masyarakat Indonesia.

SEPUTAR AUTHOR RANK, SEO DAN GOOGLE PLUS MENJADI PENTING ?

Blogger Blog
BLOGGER BLOG. Siapapun mereka (internet marketing, blogger maupun webmaster) pasti sudah tahu bahkan telah mengenal apa dan bagaimana Google Plus tersebut. Google Plus adalah merupakan salah satu layanan media sosial (milik Google) yang mulai populer saat ini di kalangan para blogger mania maupun para internet marketing yang sama-sama concern di bidangnya masing-masing. Di balik tujuan sampingannya untuk 'menyaingi' media sosial lainnya semacam Facebook dan Twitter, Google Plus menyimpan suatu misi tersendiri yang mulai dapat kita lihat dampaknya.

Perhatikan petikan kalimat Matt Cutts berikut :

Social is good way to create a reputation for authors. If the reputation of content author is transparent, it will make the whole web better.

Arti harafiahnya adalah Sosial (media sosial) adalah cara yang baik untuk menciptakan reputasi bagi penulis (blog). Jika reputasi penulis konten (artikel blog) tersebut transparan (diketahui banyak orang), hal ini akan membuat seluruh web menjadi lebih baik.

Google dalam hal ini sangat fokus pada core bisnis mereka dalam bentuk layanan search engine bagi pengguna internet di seluruh dunia, oleh karenanya Ia ingin memberikan suatu hasil pencarian (berdasarkan keyword/kata kunci tertentu) dengan menampilkan halaman-halaman website/blog yang berkualitas kepada para penggunanya. Kalau dulu banyak para internet marketer dapat mengakali hasil pencarian di Google search engine, namun sejak berlakunya algoritma Google Panda, Google Penguin sampai dengan Google Dinosaurus (yang terbaru) ini, hal tersebut sangat-sangat sulit untuk dilakukan.

Google sangat ingin halaman pencariannya hanya menampilkan halaman-halaman website/blog berkualitas yang ditulis oleh para author yang memiliki kompetensi di bidangnya. Dari sinilah muncul ide mereka untuk membuat Google Authorship yang diungkap pertama kali ketika Pubcon 2011 oleh Enginer Senior Google, Matt Cutts (sebagaimana telah diungkap di atas).

Perhatikan gambar di bawah ini  :

Blogger Blog

Berbeda dengan algoritma yang lama, hasil pencarian Google search engine saat ini lebih dipengaruhi oleh Author Rank si penulis konten (artikel blog). Bilamana sang penulis konten memiliki reputasi yang baik, maka kemungkinan besar artikel-artikelnya akan mampu menempati halaman pertama hasil pencarian Google (SERP), terutama bilamana sang penulis memiliki spesialisasi atau fokus dalam pembuatan konten-konten pada suatu topik tertentu dalam sebuah website/blog.

Author Rank sang penulis ini diperoleh dari fasilitas Google Plus (sebagai media sosial milik Google), yang mana terdapat setting akun dan privasi yang menginformasikan kepada Google search engine tentang kegiatan/aktivitas sang penulis konten saat ini berikut website/blog yang dimilikinya. Dari informasi-informasi tentang kegiatan sang penulis inilah, Google akhirnya memberikan Author Rank dengan angka tertinggi 100. Sekedar informasi saja, saat ini penulis Blogger Blog ini memiliki Author Rank : 87/100, sebuah capaian yang bagus menurut saya pribadi, mengingat baru kemarin saya belajar menulis dan membuat blog.

Author Rank dan SEO di masa yang akan datang.

Prediksi saya pribadi, Author Rank di masa-masa yang akan datang akan menjadi bagian dari optimasi SEO yang wajib diperjuangkan selain SEO OnPage maupun SEO OffPage. Kredibilitas seorang Author Blog memiliki korelasi positif terhadap eksistensi sebuah website/blog yang dikelolanya. Jika ingin agar Google search engine melirik kepada blog yang dimilikinya, maka seorang penulis konten harus memiliki Author Rank yang baik pula. Hal ini merupakan cara baru untuk meningkatkan Authority sebuah domain, jadi tidak seperti dulu lagi yang memperhatikan jumlah backlink sebuah blog.

Beberapa orang ada salah mengartikan tentang Author Rank ini, dianggapnya semakin banyak orang yang memasukkan dia ke dalam lingkaran Google Plus orang lain, maka Author Ranknya akan semakin baik. Bahkan ada beberapa orang yang memuat beberapa akun "Fake" di Google Plus, lalu memasukkan akun utamanya ke dalam lingkaran akun "Fake" tersebut. Mereka berpikir upaya tersebut akan menaikkan peringkat Author Rank. Namun pada faktanya tidak seperti itu, Author Rank lebih concern/fokus pada konten berkualitas berdasar niche tertentu, berikut bantuan atau keterlibatan orang lain.

Bila kita perhatikan secara lebih seksama, website/blog yang memiliki Author Rank tinggi namun Pagerank Blog nya rendah, kontennya akan banyak ditampilkan pada halaman utama hasil pencarian Google. Hal ini berarti bahwa Google menganggap konten tersebut berkualitas, namun pada dasarnya hal ini belum banyak ter-ekspose keluar. Sebaliknya sebuah website/blog yang memiliki Pagerank Blog tinggi namun Author Rank nya sangat rendah bisa dicurigai over backlink oleh Google. Jalan yang terbaik adalah, Author Rank tinggi sekaligus Pagerank blog juga tinggi.

Demikian uraian tentang pengamatan pribadi yang berkaitan dengan Author Rank, SEO dan Google Plus, semoga bermanfaat.
 
Bilamana anda membutuhkan backlink untuk mendongkrak posisi SERP blog anda silahkan menuju ke link Forum Komunitas Majalah Blog (FKMB).
 
Enter your email address to get update from BloggerBlog67.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

18 komentar

Setuju, sepertinya Author Rank ini akan menjadi bagian dari upaya SEO di masa-masa mendatang.
Salam blogger.

Balas

Author rank memang sedang menjadi pembicaraan hangat akhir-akhir ini, memang sih kompetensi seorang author (penulis web/blog) ikut menentukan kualitas tulisan yang dibuatnya.

Balas

Kalau dicermati google ini semakin mantap dan lebih luas, kalau saya dulunya memang dipakai google+ tapi sekarang gak saya gunakan, dan saya kembali menggunakan profil bloger. Saya yakin memang kalu kita memperlihatkan Profil di G+ PR pasti naik.
tapi utk saat ini biarlah saya tetap di Profil Blogger dulu...

Informasinya sangat berguna sekali kawan
Terima kasih banyak dan sakam sukses selalu

Balas

Sesuatu yang TRANSPARANSI memang dibutuhkan .. . tidak hanya di dunia nyata, , , di dunia maya pun Authority sangat dibutuhkan sehingga Cara Mudah Meningkatkan Google Authorship dan Author Rank sangat dibutuhkan bagi orang / blogger memiliki Blog NICHE . .

Salam
Girilaya Real Groups
^_^

Balas

Artikel Yang Bagus

Follow google Plus Saya Agus Setiawan

Balas

memang betul sekali sob google= bisa naikkan rank pada blog??? salam kenal sob
trims... infonya

Balas

Nice share, ulasan yang bermanfaat.

Balas

memang AUTHOR RANK, SEO DAN GOOGLE PLUS sekarang MENJADI PENTING, kebanyakan pengguna SEO gak luput dari Google+

terima kasih bos atas share artikelnya

Balas

terimakasih atas totorial nya bos......klau ad lgi pos bru bos ksih tahu ya

Balas

Wah ini membuka paradigma baru, thanks for sharing gan ......

Balas

Kebijakan sepenuhnya terserah anda ....

Balas

Dalam forum apapun tansparansi memang dibutuhkan, kalau kita mengaku blogger ..., kita harus transparan

Balas

Google Plus dianggap backlink yang berkualitas, silahkan cek lewat Webmaster Tool ....

Balas

Sama-sama mas Kenang, kita kan masih belajar juga toh .... ???

Balas

Lucu juga ya ... bgmana mau kasih tahu, anda aja berkomentar pakai modus Anonim ..... ????

Balas

Yah sebenarnya nggak terlalu baru juga sih ....

Balas

Google Plus merupakan wadah untuk meningkatkan SEO dan Author Rank

Balas

Salah satu cara ya bergabung dalam sebuah Komunitas Google Plus. Trims.

Balas

Silahkan berkomentar bilamana ingin mendapatkan backlink, link aktif dalam komentar pasti akan terhapus. Jangan lupa untuk follow blog ini setelah meninggalkan komentar.

Copyright © 2015. blogger blog 67 - All Rights Reserved | Template Created by Info Blog Proudly powered by Blogger