logo blog
Selamat Datang Di Blogger Blog 67
Terima kasih atas kesediaan anda berkunjung di Blogger Blog 67 ini,
Semoga apa yang saya share dan tulis di sini dapat bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang dapat berguna bagi masyarakat, khususnya masyarakat Indonesia.

Batu Ruby Mirah - Daging

Batu RubyBarangkali tidak ada batu permata yang dihargai sepanjang sejarah melebihi permata Batu Ruby. Telah dinyatakan baik dalam Alkitab maupun tulisan-tulisan Sansekerta kuno sebagai yang paling berharga dari semua jenis batu permata, Batu Ruby telah 'menghiasi' para kaisar dan raja-raja jaman dahulu dengan warna yang kaya dan menyala-nyala.


Sebagai batu permata yang paling merah, Batu Ruby (yang di Indonesia dikenal dengan nama Batu Mirah), melambangkan gairah dan asmara. Batu Ruby merupakan batu kelahiran untuk orang-orang yang lahir pada bulan Juli dan juga permata yang dianjurkan bagi pasangan untuk merayakan peringatan pernikahan pada tahun ke-15 dan 40.

Batu Ruby juga merupakan simbol keberanian serta keteguhan hati. Prajurit-prajurit pada jaman dahulu, menurut cerita, ditanamkan Batu Ruby di bawah kulit mereka untuk membawa mereka menjadi berani dalam berbagai pertempuran dan tak terkalahkan. Batu ini juga telah digunakan sebagai jimat untuk menghadapi bahaya dan bencana, sekaligus untuk menghentikan pendarahan dan sejumlah penyakit lain. Warnanya yang intens diduga berasal dari api abadi yang muncul dari dalam batu, atau seperti beberapa legenda, merupakan potongan dari planet Mars.

Batu Ruby adalah variasi dari batuan jenis corundum, adik Batu Safir (sapphire). Seperti halnya Batu Safir, Batu Ruby memiliki tingkat kekerasan "9" pada skala Mohs, yang menjadikannya batu nomor dua paling keras setelah berlian atau intan.

Batu Ruby Daging

Batu Ruby yang paling berharga berasal dari Myanmar (dahulu Burma). Mereka juga ditambang di seluruh Asia Tenggara, dimana batu berkualitas baik berasal dari Thailand, Sri Lanka, dan Vietnam. Kenya dan Tanzania juga merupakan sumber-sumber pertambangan ruby yang penting. Tapi, meskipun warna batu-batu dari Afrika Timur menjadi saingan batu ruby terbaik di dunia, banyak dari batu-batu ini yang penuh dengan inklusi sehingga mengurangi transparansi dan nilainya. Namun, batu-batu Afrika Timur banyak ditampilkan dalam potongan-potongan yang sukses di pasaran perhiasan. Sementara itu, Afghanistan, Pakistan dan Rusia memiliki semua batu ruby musiman yang berkualitas, tapi medan yang buruk di wilayah ini telah membuat penambangannya sulit.

Faktor yang paling penting untuk dipertimbangkan saat membeli Batu Ruby adalah warna. Ruby datang dalam berbagai warna mulai dari ungu dan merah kebiruan hingga oranye-merah. Seperti safir, ada juga Ruby transparan yang dapat menampilkan enam-titik bintang jika potongan batunya dibuat halus.

Batu Ruby terbaik adalah yang secara intens telah mengalami penjenuhan, berwarna merah murni tanpa nada cokelat atau biru. Setelah warna, faktor-faktor yang mempengaruhi nilainya adalah kejernihan, potongan dan ukuran. Batu Ruby yang jelas tanpa terlihat inklusi lebih berharga daripada batuan yang terlihat cacat internal.

Batu Ruby banyak tersedia pada ukuran hingga 2 karat, dan karena intensitas warna dan daya tahannya yang kuat, menjadikannya batu dengan aksen yang sangat baik. Ukuran lebih besar dapat diperoleh, tetapi ruby dengan kualitas tinggi sangat jarang ditemukan dan lebih berharga daripada berlian tanpa warna, terutama yang di atas 5 karat. Untuk jelasnya ruby 16 karat terjual seharga $227.301 di Sotheby's pada tahun 1988. Sebuah cincin ruby burma 27,37 karat dijual $4 juta di Sotheby's di Jenewa, Swiss, pada bulan Mei 1995 - $146.145 per karat. Menakjubkan. Sebaliknya, tak satu pun dari berlian di atas 50 karat tanpa cacat internal yang dijual di dekade terakhir ini.

Batu Ruby jarang ditemukan sempurna di alam - alasan mengapa banyak yang harus melewati heat-treatment untuk mencerahkan warna atau meningkatkan kejernihannya. Peningkatan panas yang permanen merupakan proses yang stabil. Beberapa ruby juga memiliki patahan permukaan atau lubang, yang kemudian diisi dengan bahan kaca untuk memperbaiki penampilan mereka. Isian ini sangat abrasif, bisa pecah, jatuh keluar atau keluar dari waktu ke waktu jika terkena panas. Metode pembersihan yang paling aman untuk ruby adalah dengan menggunakan air sabun (atau pelarut komersial ringan) dan kuas.

Batu Mirah (Ruby) adalah batu mulia jenis mineral corundum sama seperti batu mulia saphire. Namanya berasal dari kata Yunani “ruber” yang artinya merah. Batu Mirah atau Ruby terbuat dari aluminium oxide dan warna merahnya diakibatkan adanya campuran dari chromium. Sebagaimana telah diuraikan di atas, tingkat kekerasan Batu Mirah (Ruby) ini adalah 9 dalam daftar keras Mohs dan berat jenisnya 3,99 sampai 4.

Warna batu mirah tidak selalu merah tetap tetapi ada juga yang berwarna merah kekuning-kuningan atau jingga, merah keungu-unguan ataupun merah muda, tetapi dari semua itu yang paling berharga atau yang paling dicari yaitu yang berwarna merah. Pada dasarnya corundum murni tidak berwarna, semua warna pada batu permata disebabkan oleh unsur kimiawi lainnya yang bergabung saat proses kristalisasi terjadi. Batu Mirah (Ruby) yang berkualitas tinggi bisa menyaingi intan dalam segi harga dikarenakan mereka lebih langka dari intan. Jika Batu Mirah (Ruby) dipanaskan sampai dengan 1000 derajat celsius maka warnanya akan menjadi merah muda dan akan balik seperti warna semula lagi (merah) bilamana sudah dingin. Salah satu Batu Mirah (Ruby) yang paling hebat berasal dari Birma, yaitu “Lord of the Rubies” yang besarnya sebesar telur burung merpati.

Dalam dunia perdagangan batu mulia sudah tidak heran lagi jika kita mendengar batu-batu mulia sengaja dipanaskan untuk merubah atau memperindah batu-batu tersebut seperti warnanya, kilauannya, pembentukkannya dan lain-lain. Diperkirakan 90% dari batu-batu mirah atau safir akan melalui proses tersebut, suatu proses yang permanen dan telah diterima di setiap perdagangan batu mulia. Walaupun proses ini bisa merubah batu yang tidak berharga menjadi batu yang mahal harganya tetapi tindakan ini amat beresiko karena perbuatan tersebut bisa mengakibatkan batu ini rusak, retak, pecah dan dalam kejadian tertentu warna dari batu-batu tersebut malah hilang.

Kegunaan atau manfaat
Selain batu intan, Batu Mirah (Ruby) juga banyak dijadikan barang pemberian untuk para wanita idaman atau kekasih sebagai simbol asmara yang kekal. Batu mirahpun banyak dipercayai sebagai batu yang bisa memberi hoki atau melindungi harta si pemilik, membuat pemiliknya makin bergaya dan percaya diri, menyembuhkan penyakit-penyakit tertentu seperti lemah syahwat dan memiliki segi-segi mistik yaitu mengusir hal-hal negative atau pengaruh jahat (warnanya dipercayai akan berubah menjadi gelap jika ada kejadian buruk akan datang).

Dalam sisi astrology, zodiac dan hadiah pernikahan
Batu Ruby (Mirah) dijadikan batu khusus atau batu yang cocok untuk pemberian di hari peringatan perkawinan yang ke 40 tahun. Dalam dunia astrology atau perbintangan batu mirah adalah batu untuk orang yang lahir di bulan Juli (sama halnya dengan bunga larkspur atau bunga dolphin) dan batu mirah dihubungkan dengan zodiac scorpio, capricorn dan cancer.


Dikumpulkan dari berbagai sumber.
 
Enter your email address to get update from BloggerBlog67.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar bilamana ingin mendapatkan backlink, link aktif dalam komentar pasti akan terhapus. Jangan lupa untuk follow blog ini setelah meninggalkan komentar.

Copyright © 2015. blogger blog 67 - All Rights Reserved | Template Created by Info Blog Proudly powered by Blogger