logo blog
Selamat Datang Di Blogger Blog 67
Terima kasih atas kesediaan anda berkunjung di Blogger Blog 67 ini,
Semoga apa yang saya share dan tulis di sini dapat bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang dapat berguna bagi masyarakat, khususnya masyarakat Indonesia.

Membangun sebuah blog yang berkualitas

Blogger BlogBlogger Blog kali ini akan berbicara tentang hal membangun sebuah blog yang berkualitas dari beberapa kacamata pandang yang mana inti tujuan semuanya adalah untuk menaikkan atau bahkan mempertahankan posisi sebuah situs/web/blog yang kita miliki agar mendapatkan posisi SERP yang bagus, terlebih lagi dengan mulai berlakunya algoritma Google MobileGeddon sejak tanggal 21 April 2015 kemarin.

Namun sebelum saya mengupas lebih jauh, perlu kiranya anda paham terlebih tentang definisi atau pengertian blog yang akan kita bangun tersebut. Semuanya ini bertujuan agar pengertian dan maksud penulisan artikel ini dapat lebih terfokus. Sebelum kita membangun sebuah blog yang berkualitas, kita mesti memiliki pengetahuan tentang pengertian blog itu sendiri.

Sebenarnya hakikat sebuah blog yang berkualitas itu dapat dipandang dari beberapa sudut pandang diantaranya berkualitas di mata visitor atau pengunjung, berkualitas di mata search engine dan atau berkualitas di mata advertiser (pemasang iklan). Bilamana kita (sebagai blogger, baik blogger pemula maupun blogger kawakan) dapat memadukan ketiga kacamata pandang tersebut, maka niscaya blog/web atau situs tersebut dapat kita kategorikan ke dalam blog yang berkualitas.

Berkualitas di mata visitor atau pengunjung.
Seorang visitor atau pengunjung akan merasa betah mengorek-ngorek isi sebuah blog/web atau situs manakala ia menemukan banyak informasi berkualitas yang dia butuhkan dalam sebuah blog/web atau situs tersebut. Namun sebelum ia menemukan informasi yang berkualitas tersebut, ia akan suka mengunjungi sebuah blog/web atau situs yang mudah diakses dengan perangkat yang dimilikinya, bisa jadi ia mengaksesnya dengan mempergunakan komputer desktop, laptop, tab, ipad maupun perangkat seluler.

Lebih jauh lagi, seorang visitor atau pengunjung akan senang mengunjungi sebuah blog/web atau situs yang tidak banyak memasang banner iklan artinya pemasangan iklan atau advertising diatur sedemikian rupa sehingga tidak mengganggu tujuan utamanya dalam mencari sebuah informasi penting. Dalam beberapa kasus masih banyak kita jumpai sebuah blog/web/situs yang konten atau isinya didominasi dengan berbagai macam iklan, sehingga memperberat proses loadingnya.

Dari uraian tersebut di atas, maka berkualitas di mata visitor atau pengunjung blog adalah setidaknya dapat dinilai dari tiga aspek penting yaitu : memiliki konten atau artikel yang berkualitas, mudah atau ringan saat diakses dan tidak dijejali dengan berbagai macam iklan yang pada moment tertentu menutup isi atau konten aslinya.

Berkualitas di mata search engine.
Sebuah blog/situs atau web dapat dikatakan berkualitas di mata search engine manakala telah ter-optimasi dengan baik, memiliki kesesuaian antara deskripsi, keyword dengan konten atau isinya. Dengan berlakunya MobileGeddon, maka penilaian berkualitas menjadi bertambah tolok ukur yaitu dengan kemampuan template blog/situs atau web tersebut untuk menyesuaikan diri dengan berbagai macam ukuran layar pengunjung yang dipergunakan untuk mengakses blog/situs atau web tersebut.

Dalam hal ini pemakaian Responsive Template juga menjadi suatu syarat untuk dapat dikatakan berkualitas di mata search engine terutama Google Search Engine yang hingga saat ini masih menjadi raksasa search engine dunia. Model-model responsive template ini dapat dengan mudah kita dapatkan di internet mulai dari yang gratis (semacam yang saya pakai ini) sampai dengan yang premium atau berbayar.

Dengan demikian dapatlah kita ambil kesimpulan, sebuah blog/situs atau website dikatakan berkualitas di mata search engine manakala telah ter-optimasi dengan baik, memiliki kesesuaian antara deskripsi, keyword dengan isi atau konten, serta dengan mempergunakan Responsive Template sehingga dapat dengan mudah diakses meski dengan mempergunakan perangkat seluler sekalipun.

Berkualitas di mata advertiser atau pemasang iklan.
Sebuah blog/situs atau web dikatakan berkualitas di mata advertiser atau pemasang iklan manakala ia mampu meraih jumlah pengunjung yang banyak dalam hitungan rata-rata per hari. Pemasang iklan tidak akan mau memasang iklannya di blog/situs atau web yang sepi pengunjung (semacam blog saya ini) meskipun konten atau isinya cukup berkualitas. Di mata advertiser atau pemasang iklan hanya ada satu syarat utama untuk dapat dikatakan berkualitas, yaitu kemampuan meraih pengunjung atau visitor dalam jumlah yang besar.

Akhir kata, untuk dapat membangun sebuah blog yang berkualitas, maka seorang blogger wajib mempertimbangkan berbagai hal yang telah saya uraikan di atas. Kesimpulan akhirnya sebuah blog adalah berkualitas bilamana terpenuhi semua unsur yang saya uraikan di atas. Semoga uraian saya ini dapat memberikan manfaat bagi anda semua.

Enter your email address to get update from BloggerBlog67.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar bilamana ingin mendapatkan backlink, link aktif dalam komentar pasti akan terhapus. Jangan lupa untuk follow blog ini setelah meninggalkan komentar.

Copyright © 2015. blogger blog 67 - All Rights Reserved | Template Created by Info Blog Proudly powered by Blogger