logo blog
Selamat Datang Di Blogger Blog 67
Terima kasih atas kesediaan anda berkunjung di Blogger Blog 67 ini,
Semoga apa yang saya share dan tulis di sini dapat bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang dapat berguna bagi masyarakat, khususnya masyarakat Indonesia.

Blogger Blog, meningkatkan performa blog

Blogger Blog pada artikel ini akan sedikit mengupas tentang cara meningkatkan performa sebuah blog agar memiliki kekuatan penuh untuk bersaing dengan jutaan bahkan puluhan juta blog-blog lain yang telah terindeks oleh Google dengan kemiripan niche atau bahkan deskripsi blog yang sama. Performa maksimal sebuah blog ini semakin menjadi penting dengan berlakunya Google MobileGeddon, karena algoritma ini mengisyaratkan kemampuan sebuah template blog untuk menyesuaikan diri dengan berbagai macam ukuran layar yang dipergunakan untuk mengaksesnya.

Blogger Blog, performa blog

Dalam kacamata penulis, bukan saja pemakaian Responsive Template yang harus kita perhatikan, namun performa maksimal sebuah blog juga harus menjadi perhatian utama agar tidak menjadi berat atau lambat saat diakses dengan mempergunakan perangkat mobile atau smartphone (yang menurut Google telah dipergunakan oleh hampir 80 % penggunanya).

Performa maksimal sebuah blog tentu saja berkaitan dengan masalah kecepatan loading blog tersebut yang dalam hal ini sangat ditentukan oleh performa template blog yang dipergunakan ditambah dengan sedikit banyaknya pemasangan widget-widget pembantu dalam sebuah blog. Pemasangan widget pembantu ini (semacam Facebook Fanspage, widget Twitter dan lain-lain) dalam satu kasus (berdasarkan pengalaman penulis) berpotensi untuk menurunkan performa sebuah blog (dalam hal kecepatan loadingnya). Hal lain yang sangat mempengaruhi performa blog ini adalah kombinasi script HTML yang dipergunakan dalam sebuah template blog. Mari kita perhatikan gambar-gambar perbandingan hasil monitoring berikut ini.

Gambar 1. Sebelum dilakukan perbaikan.

Blogger Blog, monitoring-01

Perhatikan "Page Load Time" yang menunjukkan angka 4.73 sc (di atas batas maksimal 4 sc).

Gambar 2. Setelah dilakukan perbaikan.

Blogger Blog, monitoring-02

Dalam semua aspek terlihat peningkatan yang cukup signifikan, terutama "Page Load Time" yang hanya berkisar pada angka 2.06 sc (jauh di bawah batas maksimal 4 sc).

Berikut ini adalah upaya-upaya perbaikan yang telah penulis lakukan untuk meningkatkan performa Blogger Blog ini.

1. Mengoptimalkan pemakaian HTML Optimizer.
HTML Optimizer ini sangat membantu terutama untuk meng-compress rangkaian kombinasi script HTML yang terdapat dalam sebuah template blog. Tujuang melakukan compress ini adalah untuk meningkatkan performa atau mempercepat pembacaan rangkaian template blog oleh mesin pencari, dan dengan demikian sudah barang tentu akan meningkatkan kecepatan loading sebuah blog.

Tentang optimizer tool ini, blog Blogger Blog telah menyediakan fasilitasnya pada bagian Optimizer, silahkan anda pergunakan dengan sebaik-baiknya.

2. Mengganti berbagai fasilitas widget yang ada.
Beberapa fasilitas widget yang penulis ganti terutama adalah Widget Related Post yang biasanya terletak di bagian bawah setiap postingan. Widget Related Post dalam blog ini telah penulis ganti dengan yang lebih ringan dari pada widget yang terdahulu. Pemakaian related post yang sekarang adalah related post yang hanya menampilkan judul-judul postingan dengan tanpa menyertakan thumbnail. Ternyata penggantian ini cukup banyak membantu.

3. Menghilangkan pemakaian beberapa widget.
Demi untuk mengejar performa blog yang maksimal, maka penulis menghilangkan beberapa fitur widget penunjang semacam Blog Follower, Facebook Fanspage dan Widget Twitter. Pemakaian widget-widget ini dalam sebuah blog ternyata berpotensi memperberat loading blog yang bersangkutan. Oleh karenanya dalam kesempatan ini saya sarankan kepada anda untuk mempergunakan widget-widget tersebut manakala dirasa memang benar-benar diperlukan untuk menunjang eksistensi blog.

4. Meniadakan fitur thumbnail pada widget Popular Post.
Meniadakan atau tidak mempergunakan fitur thumbnail pada widget popular post ini sebenarnya merupakan langkah tambahan, namun dampaknya penulis rasakan sangat signifikan dalam membantu meningkatkan performa sebuah blog dalam arti meningkatkan kecepatan loadingnya.

Demikianlah uraian penulis tenang cara-cara meningkatkan performa blog, semoga bermanfaat.

Enter your email address to get update from BloggerBlog67.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

1 komentar:

Thanks mas bro, suatu saat aku pasti mencontoh trik anda

Balas

Silahkan berkomentar bilamana ingin mendapatkan backlink, link aktif dalam komentar pasti akan terhapus. Jangan lupa untuk follow blog ini setelah meninggalkan komentar.

Copyright © 2015. blogger blog 67 - All Rights Reserved | Template Created by Info Blog Proudly powered by Blogger