logo blog
Selamat Datang Di Blogger Blog 67
Terima kasih atas kesediaan anda berkunjung di Blogger Blog 67 ini,
Semoga apa yang saya share dan tulis di sini dapat bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang dapat berguna bagi masyarakat, khususnya masyarakat Indonesia.

Batu Ruby Mirah Corundum

Batu Ruby Corundum (Batu Mirah), berasal dari bahasa latin Ruber yang artinya Merah, Batu Ruby ini sering juga disebut dengan Batu Mirah karena warnanya yang merah darah. Dalam dongeng-dongeng seribu satu malam dan juga di dalam Injil telah disinggung-singgung keindahan mirah darah ruby dan sering juga dipakai perhiasan. Nabi Solaiman pernah berkata, "Wanita yang bijaksana lebih berharga dari batu mirah!". Dan juga Nabi Ayub, "Hadiah dari peri kebajikan lebih tinggi dari pada harga batu mirah!". Nilai Batu Mirah darah kadangkala lebih tinggi dari pada batu Intan.

Corundum sendiri berasal dari bahasa Tamil : kurundam, adalah kristal aluminium oksida dan merupakan salah satu mineral pembentuk batuan. Secara alami mineral ini jernih, tapi dapat memiliki warna yang berbeda dengan adanya zat pengotor. Spesimen yang transparan digunakan sebagai batu permata, yang disebut rubi jika berwarna merah dan safir jika berwarna selain merah. Selain kekerasannya, korundum dikenal karena densitasnya yang tinggi (4,02 g/cm³), yang sangat tinggi untuk suatu mineral transparan yang tersusun dari unsur ber-massa atom rendah aluminium dan oksigen.
 
Corundum alam adalah mineral kedua terkeras setelah berlian yang tingkat kekerasannya masih satu tingkat di bawah berlian. Kekerasan corundum dapat dikaitkan dengan ikatan aluminium dan oksigen yang kuat dan pendek.
Berbicara tentang Batu Mirah (Ruby) yang termashur adalah Mirah Birma, yang dijuluki Lord Of The Rubies yang besarnya sama dengan sebutir telur burung merpati berwarna merah darah tulen. Ada yang mengatakan bahwa batu mirah memberi cahaya terang dalam kegelapan, sesungguhnya seperti kebanyakan batu-batu mulia demikian juga dengan Batu Mirah Ruby mengandung pospor, yang jika terkena Cahaya Matahari atau jika dimasukkan dalam wajan peleburan dengan derajad panas yang tertentu segera mengeluarkan sinar terang.
Sedangkan yang dimaksud dengan batu Merah Delima adalah batu Mirah dari Sri Langka/Ceylon. Warnanya Merah dengan agak putih, cerita orang tentang Mirah Delima ini, yaitu jika diletakkan dalam suatu wadah berisi air, maka airnya akan berubah menjadi merah. Tetapi pada kenyataannya tidaklah demikian. Namun Mirah delima yang kristal bening jika dimasukkan dalam gelas berisi air dan berada dibawah terik matahari atau sinar cahaya lampu, sinarnya yang merah semringah itu akan memantul dan tampak sebagian air dalam gelas itu seakan berubah kemerah-merahan. Batu jenis ini sangatlah mahal, adapun batu Mirah lain yang sering disebut batu mirah daging, Mirah Siam dll. 

Khasiat Batu Mirah menurut suatu kepercayaan adalah :
  1.     Membawa Kebahagiaan dalam Asmara
  2.     Dapat Menyembuhkan Penyakit Lemah Syahwat
  3.     Membuat orang tambah kuat dan Bergaya
  4.    Melindungi diri dari Peracunan dan segala niat Jahat
  5.     Memudahkan Pesahabatan
  6.     Menghindarkan bencana besar
  7.     Perlindungan diri dan Harta Kekayaan
Batu Mirah terdiri atas Alumina(alumunium) dengan Campuran Zuurstof (zat Azam) (A2 03) lalu disebut Robijin(ruby), namun jika tercampur sedikit Titanium maka berubah menjadi biru disebut Sapphire, jika tercampur dengan Iron(zat besi) berubah menjadi kuning dan disebut Yellow Sapphire.

Karakter Fisik
1. Warna sangat bervariasi. Warna dapat putih (tidak berwarna), biru, merah, kuning, hijau, cokelat, ungu, dan merah muda.
2. Tingkat kemampuan merefleksikan cahaya dimulai dari selevel kaca sampai adamantine lustre.
3. Transparansi Kristal bisa transparan atau translucent.
4. Sistem kristal trigonal; bar 3 2 / m.
5. Tingkat kekerasan / hardness adalah 9.
6. Berat Jenis adalah sekitar 4,0 + (di atas rata-rata untuk mineral tembus pandang).
7. Associated Mineral termasuk kalsit, zoisite, feldspars, micas dan garnet.
8. Karakteristik lain: indeks bias sekitar 1,77; pleochroic (intensitas warna bervariasi dari arah melihat berbeda); membentuk pola pada permukaan yang terpisah.
9. Lebih banyak ditemukan di Burma, Sri Lanka, North Carolina dan Montana, Amerika Serikat; Afrika, beberapa daerah di India, Timur Tengah dan negara-negara Asia Tenggara.
10. Indikator untuk menentukan kualitas terdiri dari kekerasan ekstrim, kepadatan dan crystal habit.

Baca juga artikel tentang Batu Ruby (Mirah)

Enter your email address to get update from BloggerBlog67.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

1 komentar:

Silahkan berkomentar bilamana ingin mendapatkan backlink, link aktif dalam komentar pasti akan terhapus. Jangan lupa untuk follow blog ini setelah meninggalkan komentar.

Copyright © 2015. blogger blog 67 - All Rights Reserved | Template Created by Info Blog Proudly powered by Blogger