logo blog
Selamat Datang Di Blogger Blog 67
Terima kasih atas kesediaan anda berkunjung di Blogger Blog 67 ini,
Semoga apa yang saya share dan tulis di sini dapat bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang dapat berguna bagi masyarakat, khususnya masyarakat Indonesia.

Mengejar Backlink Berkualitas untuk SEO Blog

Blogger Blog, backlinkBlogger Blog dalam artikel ini akan berkisah tentang mengejar backlink berkualitas untuk (meningkatkan) SEO Blog. SEO (search engine optimization) selalu berkaitan dengan backlink (SEO OFFPage). Apa sih backlink itu? Saya coba definisikan backlink menurut pemahaman saya; pada dasarnya, backlink atau linkback adalah tautan atau link yang berasal dari sebuah website menuju ke website lain, dengan kata lain sebuah website memberikan rekomendasi kepada usernya untuk mengunjungi sebuah website lain.

Lalu apa tujuan kita membangun Backlink? Tujuan utamanya adalah agar website yang kita kelola lebih populer di mata search engine, contohnya Google.com. Website atau blog yang memiliki banyak backlink berkualitas biasanya akan mendapat perhatian khusus dari mesin pencari (search engine), dan mesin pencari akan menempatkan website/blog tersebut di halaman utama (halaman pertama) dari hasil pencarian berdasarkan kata kunci (keyword) tertentu. Bagaimana cara membangun dan membuat backlink yang berkualitas untuk blog kita?

Ok, berikut ini adalah beberapa cara membangun dan membuat backlinks berkualitas untuk blog atau website bisnis kita:

1. Melalui Situs Social Bookmarking
Ide awal situs social bookmarking adalah agar memudahkan user untuk menyimpan URL atau link dari situs yang mereka sukai agar mudah di cari ketika ingin membuka kembali. Pada perkembangannya, situs social bookmarking banyak sekali digunakan oleh pelaku SEO untuk membantu mempopulerkan sebuah halaman website atau blog di mata mesin pencari.

Mesin pencari seperti Google juga menjelajahi halaman-halaman social bookmarking ini untuk mengetahui halaman-halaman website yang sering disimpan oleh pengguna internet.  Dan tentu saja hal ini akan mempengaruhi hasil pencarian di search engine tersebut.

2. Melalui Artikel Direktori
Artikel direktori seringkali digunakan untuk kegiatan marketing dan membangun backlink. Kita dapat membangun backlink dari situs-situs artikel direktori dengan cara membuat artikel berkualitas lalu disubmit ke situs-situs artikel direktori. Banyak artikel direktori yang sudah sangat terkenal saat ini, untuk bahasa Inggris seperti Ezinearticles.com, Articlebase.com, dan lain-lain, sedangkan untuk bahasa Indonesia seperti cuitcuit.com, artikeloke.com, dan lain-lain.

3. Melalui Blogwalking
Blogwalking adalah kegiatan mengunjungi blog-blog lain kemudian meninggalkan komentar yang positif dan kita bisa meninggalkan URL website kita di halaman komentar tersebut. Ada dua keuntungan dari kegiatan blogwalking, yang pertama adalah kita mendapatkan backlink, dan yang kedua adalah kunjungan langsung dari pemilik blog dan juga orang lain yang berkomentar di blog tersebut.

Yang sangat penting kita ingat adalah memberikan komentar yang baik dan tidak asal-asalan agar tidak dianggap spam oleh pemilik blog. Sebelum meninggalkan komentar sebaiknya baca artikel di blog tersebut, lalu berikan komentar yang memang berhubungan dengan artikel tersebut. Jangan memberikan komentar yang asal, seperti “Artikelnya bagus, thanks ya”, “pertamax gan”, “Waw baru tau nih”, dan komentar-komentar lain yang terlalu singkat.

4. Menjadi Guest Blogger
Menjadi guest blogger di sebuah blog yang sudah mapan adalah salah satu cara yang sangat ampuh untuk membuat blog kita cepat populer. Kita bisa menjadi penulis di blog orang lain – tentunya atas ijin si pemilik blog – lalu kita memposting artikel-artikel yang baik dan sesuai dengan topik yang ada di blog tersebut. Pada bagian biografi penulis kita bisa memperkenalkan diri dan juga memasang link menuju web/blog kita, dua keuntungan sekaligus, yaitu backlink dan juga visitor.

5. Melalui Forum Signature
Saat ini banyak sekali forum-forum yang bisa kita temukan di internet, mulai dari forum para gamers, publisher, sampai forum para pengusaha. Salah satu forum yang sangat terkenal adalah kaskus.co.id, berbagai topik dibahas di forum ini. Selain kaskus.co.id, forum yang sudah sangat terkenal adalah ads-id, yaitu forum para publisher di Indonesia.

Di forum Ads-id.com para member yang verified dan donatur diberikan fasilitas untuk memasang signature dimana signature tersebut akan terlihat di setiap posting yang kita kirimkan ke forum tersebut. Memasang link menuju web/blog kita di bagian signature tentunya akan memberikan keuntungan buat kita, yaitu backlink berkualitas dan juga visistor dari forum tersebut.

Beberapa recommended forum yang mengijinkan signature link dan dofollow:
  1. Bersosial.com : Forum diskusi online Indonesia
  2. EOcommunity.com: Forum utk event orginizer dan general topik
  3. Forum.kompas.com: Forum di kompas.com
  4. Forum.detik.com: Forum di Detik.com
  5. Pengusaha.co: Forum diskusi dan jual beli (update: saat ini link dari forum ini sudah Nofollow)
  6. Dan lain-lain

Baca juga : Tentang dan Seputar Pengertian Backlink Blog.

6. Melalui Social Media
Backlink dari situs-situs social media adalah backlink yang sangat berkualitas, contohnya backlink dari Twitter, Google plus, dan Facebook. Walaupun biasanya backlink dari situs-situs social media ini adalah bersifat Nofollow, namun mesin pencari semacam Google tetap memperhitungkannya.

Selain backlink tentunya kita juga akan mendapatkan visitor dari teman atau followers kita di social media tersebut. Karena itu, sebaiknya setiap web/blog yang kita bangun harus memiliki akun social media tersendiri, misalnya fans page Facebook dan juga akun twitter, dan akan lebih baik dengan memiliki akun Google Plus. Dengan memiliki banyak teman atau followers di situs-situs social media tentunya akan sangat mudah untuk membuat web/blog kita menjadi populer, sebaliknya kita juga harus aktif di social media tersebut.

7. Melalui Press Release
Backlink dari situs-situs press release adalah merupakan jenis backlink yang berkualitas, selain itu press release sangat berpotensi memberikan trafik pada web/blog kita. Kalau saya perhatikan di Indonesia belum begitu populer dalam menggunakan press release untuk promosi website dan untuk kegiatan membangun backlink, biasanya hanya digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar. Berbeda dengan di luar negeri, situs-situs press release ini sangat sering digunakan untuk kegiatan promosi dan membangun backlink website atau blog, baik itu untuk perusahaan kecil, menengah, maupun perusahaan besar.

8. Melalui Web 2.0
Selain untuk membuat blog dengan gratis, Web 2.0 juga sering digunakan untuk kegiatan membangun backlink. Dan tentu saja backlinks dari Web 2.0 ini sangat efektif dalam kegiatan SEO kita karena rata-rata Web 2.0 adalah high authority di mata mesin pencari, dengan kata lain Web 2.0 sudah dipercaya oleh mesin pencari.

Beberapa Web 2.0 yang sering digunakan untuk kegiatan membangun backlinks adalah : Blogger.com. WordPress.com, Blog.com, Blurty.com, Webs.com, Livejournal.com, Gather.com, dan masih banyak lagi.

9. Melalui Blog Review.
Dari sudut pandang SEO saat ini, blog review dengan link aktif menuju blog yang di-review adalah cara aman dan alamiah untuk mendapatkan sebuah backlink dari blog yang me-review, daripada bertukar link antar blog. Prosedur tukar menukar link dengan sesama blogger, untuk saat ini terancam dengan penalti spam oleh search engine, dan oleh karenanya proses tersebut menjadi tidak populer untuk dilakukan lagi.


Satu hal yang tetap harus kita tanamkan dalam mindset kita adalah, lakukan proses mencari backlink yang berkualitas ini secara alami dan se-natural mungkin agar terhindar dari bencana akibat di banned oleh search engine, semacam Google.

Enter your email address to get update from BloggerBlog67.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

1 komentar:

Siapapun orangnya, apalagi seorang blogger sejati pasti menginginkan untuk bisa mendapat backlink yang berkualitas ini, termasuk saya. Salam blogger.

Balas

Silahkan berkomentar bilamana ingin mendapatkan backlink, link aktif dalam komentar pasti akan terhapus. Jangan lupa untuk follow blog ini setelah meninggalkan komentar.

Copyright © 2015. blogger blog 67 - All Rights Reserved | Template Created by Info Blog Proudly powered by Blogger